Banjarnegara- Sabtu (23/11) Siswa MTs Andalusia Banjarnegara telah sukses melaksanakan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5RA) dengan tema Bangun Jiwa Raga sub tema Gaya Hidup Sehat Berbasis Rahmat selama satu minggu. Program ini bertujuan untuk mendorong kesadaran siswa akan pentingnya menjaga kesehatan mental dan fisik melalui olahraga, serta memperkenalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan dimulai pada hari Senin yaitu pembukaan dan dilanjutkan dengan siswa menyusun rencana kegiatan kelompok untuk satu minggu kedepan, dengan didampingin para koordinator & fasilitator masing-masing. Dilanjut hari berikutnya yaitu penyuluhan/sosialisasi kesehatan mental dan fisik bersama TNI Bapak Ali Alfian sebagai narasumber utama. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman siswa tentang gaya hidup sehat. Siswa diajak untuk mengenal lebih dalam mengenai hubungan antara pola makan, olahraga, dan kesehatan mental. Mereka juga diberikan informasi tentang bagaimana gaya hidup sehat berperan penting dalam pembentukan karakter.

Selain sosialisasi, siswa juga mengikuti serangkaian kegiatan yaitu membuat poster dengan tema Hidup Sehat, yang bertujuan untuk melatih kreativitas dan komunikasi siswa, serta mengikuti kegiatan olahraga, seperti senam pagi. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan berbagai jenis olahraga senam yang dapat dilakukan oleh siswa untuk menjaga kebugaran tubuh, serta menumbuhkan kebiasaan hidup sehat sejak dini.

Program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’alamin (P5RA) ini terbukti memberi dampak positif bagi siswa MTs Andalusia Banjarnegara. Selain meningkatkan pemahaman tentang gaya hidup sehat, kegiatan ini juga mempererat hubungan antara siswa, guru, dan masyarakat. 

 

Dengan semangat bangun jiwa raga ini, MTs Andalusia Banjarnegara berharap dapat terus melaksanakan program serupa yang mendukung penguatan karakter dan kesehatan generasi muda dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks. (h/em)